Pentingnya Pendidikan Multikultural Di Sekolah
Pentingnya Pendidikan Multikultural Di Sekolah – Salah satu alasan terbaik untuk memilih sekolah internasional adalah keragaman budaya dan bahasa yang akan dipelajari anak Anda. Tidak peduli dari negara mana Anda berasal, anak Anda dapat merayakan kekayaan dan keunikan warisan mereka sambil berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh dunia.
Keberagaman sekolah internasional ini menjadikannya lebih menarik bagi para orang tua yang ingin anaknya menerima pendidikan global. Namun apa manfaatnya bagi anak Anda di luar empat penjuru kelas?
Pentingnya Pendidikan Multikultural Di Sekolah
Manfaat menyekolahkan anak Anda ke sekolah yang menganut keberagaman tidak ada habisnya. Tidak hanya mengenalkan mereka pada dunia budaya dan bahasa, namun juga mengajarkan toleransi, empati dan kebaikan.
Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar (penelitian Di Mi Jamaludin Sampih)
Dalam lingkungan multikultural, anak berinteraksi dengan teman sekelas dan guru dari latar belakang berbeda. Ini mempromosikan pemikiran global sejak usia dini. Hal ini membantu siswa memahami bahwa mereka adalah bagian dari komunitas yang lebih besar dan bahwa tindakan kolektif mereka dapat mempengaruhi dunia di sekitar mereka.
Selain itu, beragam sekolah tersedia dan menyediakan lingkungan yang aman dan mendukung di mana semua anak dapat berkembang. Kreativitas, pemikiran kritis, dan keterbukaan pikiran didorong dan siswa dipersiapkan untuk sukses dalam masyarakat global.
Sekolah yang beragam mengajarkan nilai-nilai rasa hormat dan penerimaan, bukan sekadar toleransi. Anak-anak belajar bagaimana menerima perbedaan mereka, menemukan kesamaan, dan membangun hubungan yang positif dan bermakna yang akan membantu mereka menavigasi dunia yang terus berubah.
Empat Cara Sekolah yang Beragam Menguntungkan Siswa Internasional Berikut adalah alasan utama mengapa Anda harus menyekolahkan anak Anda ke sekolah yang beragam.
Akademisi Ingatkan Pentingnya Pendidikan Toleransi
Pola pikir internasional adalah fitur utama yang ingin ditanamkan oleh International Baccalaureate (IB) kepada para siswanya, khususnya dalam program IB Junior Years dan IB Middle Years. Menurut IB, ya
Orientasi internasional adalah pandangan dunia di mana masyarakat memandang dirinya terhubung dengan komunitas global dan bertanggung jawab terhadap anggotanya.
Di lingkungan sekolah yang berbeda, kurikulum tidak terfokus pada satu negara atau bangsa saja. Sebaliknya, ini bertujuan untuk mempromosikan pandangan dunia yang lebih luas kepada siswa. Mulai dari mendiskusikan isu-isu global hingga merayakan tradisi budaya, anak-anak memahami bahwa mereka adalah bagian dari komunitas yang lebih besar dan bahwa tindakan mereka dapat menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi orang lain.
Siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kompleksitas dunia dibandingkan apa yang tercakup dalam buku teks. Dengan melihat permasalahan tersebut dari sudut pandang yang berbeda, siswa belajar berpikir kritis dan peduli terhadap kesejahteraan orang lain.
Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar
Dalam lingkungan multikultural, anak-anak dihadapkan pada adat istiadat, kepercayaan, bahasa, makanan, dan agama yang berbeda setiap hari. Pengalaman pertama yang berharga ini mengajarkan mereka bagaimana menghargai dan menerima orang yang berbeda dengan mereka.
Ketika keberagaman dirayakan di sekolah, anak-anak mempunyai kesempatan unik untuk berpartisipasi dalam acara budaya, mencoba makanan yang berbeda, dan berpartisipasi dalam tradisi baru. Ini membantu mereka menjalin ikatan dengan teman sekelasnya melalui berbagi pengalaman. Seiring waktu, ini memperkuat keterampilan sosial dan emosional seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja tim, dan kolaborasi.
Banyak orang tua yang khawatir anaknya akan kehilangan identitas budayanya, namun hal ini tidak terjadi di sekolah yang berbeda. Lingkungan inklusif berarti anak-anak bebas merayakan warisan unik mereka sambil belajar tentang orang lain.
Siswa didorong untuk berbagi budaya mereka, berbicara bahasa ibu mereka, dan menemukan bahasa yang sama dengan teman sekelas mereka. Dengan mengedepankan toleransi dan rasa hormat, beberapa sekolah menciptakan lingkungan yang nyaman dimana setiap anak merasa dihargai dan aman.
Mengapa Keanekaragaman Penting Di Sekolah?
Dalam masyarakat global kita, keterampilan kerja tim dan kreativitas menjadi lebih penting dari sebelumnya. Siswa yang tumbuh di lingkungan multikultural memiliki ide dan perspektif berbeda, yang membantu menumbuhkan rasa ingin tahu dan kerja sama. Anak sendiri tahu bahwa cara terbaik menyelesaikan masalah adalah dengan bekerja sama dengan orang lain.
Siswa dengan kesadaran antar budaya yang tinggi terbukti memiliki prestasi akademis yang lebih baik karena mereka terus-menerus dihadapkan pada sudut pandang, konsep, dan keyakinan yang berbeda.
Di XCL World Academy () School of the Future, anak Anda dapat berteman dengan anak-anak dari seluruh dunia. Dengan perwakilan dari lebih dari 60 negara, siswa kami hidup dalam lingkungan multikultural yang kaya, berbeda dari lingkungan lainnya.
Guru dipilih sendiri dari seluruh dunia untuk memberikan pengalaman mengajar terbaik. Ukuran kelas yang kecil membantu guru kami fokus pada kemampuan unik anak Anda, membuat rencana pembelajaran individual, dan memungkinkan setiap siswa mengenali potensi unik mereka.
Pdf) Pendidikan Multikultural (konsep Dan Implementasi)
Sebagai pengakuan atas peralihan ke masyarakat yang lebih global, program bilingual Mandarin (Mandarin)-Inggris ditawarkan. Program ini memungkinkan siswa untuk belajar membaca, menulis dan berbicara dua bahasa, memberi mereka keuntungan dalam dunia kerja global. Alternatifnya, siswa dapat memilih bahasa Spanyol, Mandarin, Perancis atau Inggris sebagai bahasa kedua. Penawaran baru untuk tahun ajaran 2022/23 adalah bahasa Jepang sebagai bahasa ibu, yang diperkenalkan untuk mendukung komunitas Jepang kami yang kuat.
Banyak klub dan kegiatan ekstrakurikuler ditawarkan di mana siswa dapat belajar olahraga, seni, bahasa dan teknologi serta memperkaya keterampilan mereka. Secara khusus, Model United Nations kami membantu siswa mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan memperkenalkan mereka pada diplomasi dan hubungan internasional sejak usia dini.
Melalui program kuliah dan bimbingan karir, kami membantu siswa kami mengeksplorasi pilihan karir yang berkaitan dengan berbagai minat. Hal ini akan membantu mereka masuk ke universitas impian mereka dan membekali mereka dengan pengetahuan penting dan keterampilan hidup untuk karir masa depan mereka.
Memiliki ruang yang aman dan menyemangati bagi siswa kami untuk mengekspresikan diri dan menerima keunikan mereka adalah salah satu hal penting dalam kehidupan siswa.
Urgensi Pendidikan Multikultural Dalam Penanaman Sikap Toleran Siswa
Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan menggunakan situs web kami, Anda menyetujui penggunaan semua cookie sesuai dengan kebijakan privasi kami.
Melihat berarti percaya! Selama tur, Anda dapat bertemu dan berinteraksi dengan karyawan, merasakan aktivitas pendidikan, dan membenamkan diri dalam budaya komunitas besar kami.
Melihat berarti percaya! Kunjungi open house kami untuk menjelajahi Pusat Inovasi baru kami, bertemu dan mengobrol dengan karyawan kami, berlatih, belajar, dan membenamkan diri Anda dalam budaya komunitas besar kami.
Selama 38 tahun terakhir, Tammy telah menjabat sebagai pengawas di beberapa sekolah terkemuka, termasuk Dubai American Academy, Montecito Union School District, Ross School District, dan Assistant Superintendent di Cherry Hill School District.
Pendidikan Multikultural Untuk Merawat Keberagaman Budaya
Sebagai pemimpin yang dihormati di bidang pendidikan, Tammy telah memenangkan banyak penghargaan tingkat negara bagian dan nasional atas pengaruhnya sebagai pendidik dan pemimpin di seluruh Amerika Serikat. Beliau memiliki pengalaman luas dalam memimpin pengembangan beberapa program IB di tingkat dasar dan menengah untuk International Baccalaureate Organization.
Tammy memiliki pengalaman menumbuhkan budaya yang memupuk kolaborasi antara guru dan siswa. Kami yakin bahwa visi dan kepemimpinannya akan membawa kami menuju pertumbuhan dan kesuksesan lebih lanjut.
Mark telah menjadi bagian integral dari komunitas sekolah kami sejak tahun 2016, menjabat sebagai Asisten Kepala Sekolah sebelum dipromosikan menjadi Kepala Sekolah Menengah pada tahun 2020. Dengan lebih dari satu dekade kepemimpinan pendidikan, konsultasi dan pengalaman mengajar di sekolah negeri dan swasta di Australia dan Singapura, Mark membawa banyak pengalaman dalam perannya.
Beliau meraih gelar Magister Pendidikan, Sarjana Pendidikan dan Sarjana Ilmu Sosial dari University of Queensland, Australia. Mark baru-baru ini menerima Sertifikat Manajemen dan Kepemimpinan dari Harvard Business School. Ia juga bekerja sebagai penilai akreditasi di Council of International Schools (CIS).
Pendidikan Multikultural: Menanamkan Nilai Kerukunan Pada Generasi Muda Nagari Sungai Duo
Sebagai guru International Baccalaureate, Mark bersemangat mengeksplorasi pendekatan inovatif untuk meningkatkan perjalanan belajar semua siswa. Dia adalah pendukung pembangunan sosial global dan bangga dengan program pembelajaran berdasarkan pengalamannya. Mark juga menyelenggarakan sejumlah lokakarya untuk meningkatkan kesadaran akan isu penting ini dan mempromosikan praktik perlindungan dan safeguarding anak.
Mark berasal dari Inggris dan besar di Australia. Dia menikmati sepak bola, golf, dan jalan-jalan bersama istrinya Louise dan putranya Archie, yang kuliah di universitas.
Leonardo Neves adalah insinyur riset utama di Snap Inc., dosen di Universitas Harvard, dan konsultan desain AI di SureStart. Ia terpilih sebagai salah satu pengembang AI cnvrg.io pada tahun 2023 karena kiprahnya di dunia akademis dan industri. Pekerjaan Leo berfokus pada pemrosesan bahasa alami dan penambangan data untuk meningkatkan pemahaman bahasa dan perilaku melalui konteks. Dia telah menerima lebih dari 1900 kutipan untuk makalah penelitiannya dan memegang lebih dari 10 paten AI/ML. Proyek terbarunya mencakup mempersonalisasi dan menambahkan informasi konteks ke model bahasa besar, dan menggunakan pemodelan urutan untuk memahami perilaku.
Sebelum bergabung dengan Snap Inc. Leonardo pernah bekerja di Pivotal Software Inc., Intel dan Yelp, dan terakhir menjadi Kepala Riset Aplikasi di Grammarly. Beliau meraih gelar master dalam sistem informasi cerdas dari Universitas Carnegie Mellon.
Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural Melalui Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Demi Kemajuan Pembelajaran Dan Pemanfaatan Teknologi Di Sekolah Inklusif Secara Berkelanjutan
Dr. Mishra adalah peneliti AI dengan banyak artikel tinjauan sejawat, 88 paten, dan artikel pers populer di Fortune, MIT Technology Review, NBC Learning, dan The Atlantic. Sebelum mendirikan SureStart, Tanya menghabiskan lebih dari 12 tahun di industri teknologi, bekerja di berbagai peran teknis dan kepemimpinan di organisasi besar seperti AT&T Labs dan perusahaan rintisan terkemuka di AS seperti Affectiva dan Interactions.
Tanya secara rutin memberikan presentasi di konferensi dan acara terkemuka dengan topik terkait pengembangan teknis AI, etika AI, dan keragaman tenaga kerja AI.
Pendampingan dan dukungan Tanya terhadap beragam talenta teknologi telah diakui berkali-kali dengan penghargaan organisasi dan industri, termasuk Penghargaan Mentor Vice President Award 2011 dari AT&T Research Labs, Women in Technology Mentor Award 2020, dan WomenTeach Network Global AI Inclusion Award.